Senin, 26 Januari 2009

PERANGKAT PEMBELAJARAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SMP NEGERI 247 JAKARTA
SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2006/2007



KALENDER PENDIDIKAN
PROGRAM TAHUNAN
DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
PEMETAAN KOMPETENSI
PROGRAM SEMESTER
SILABUS
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN




MATA PELAJARAN : IPA
NAMA GURU : Solih Supriadi
Nip : 131 793 281


PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN DASAR
SMP NEGERI 247 JAKARTA
Jl. Mampang Prapatan XIII Telp. (021) 7943835

RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF
SMP NEGERI 247 JAKARTA
TAHUN 2006-2007
Mata Pelajaran : IPA
Tingkat : SMP
Kelas/Semester : VIII/2

A. Perhitungan Alokasi Waktu B. Distribusi Alokasi Waktu
BANYAKNYA MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 No. Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar/Indikator Alokasi
No. Bulan Jumlah SK/KD Waktu
Minggu Hari 5,1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan 6
1 Juli 2 11 gaya dan pengaruhnya pd suatu benda yg dikenai
2 Agustus 4 21 gaya
3 September 3 15 5,2 Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan 6
4 Oktober 3 6 berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
5 Nopember 4 21 5,3 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan 6
6 Desember 2 11 perubahannya, prinsip"usha dan energi" serta
7 penerapannya dlm kehidupan sehari-hari
J u m l a h 18 85 5,4 Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana 6
dan penerapannya dalan kehidupan sehari-hari
BANYAKNYA MINGGU EFEKTIF SEMESTER 2 5,5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan 8
No. Bulan Jumlah gas serta peneraanya dlam kehidupan sehari-sehari
Minggu Hari 6,1 Mendeskripsi-kan konsep getaran dan gelombang 6
1 Januari 2 18 serta parameter-parameternya
2 Pebruari 4 20 6,2 Mendeskripsi-kan konsep bunyi dalam kehidupan 6
3 Maret 4 19 sehari-hari
4 April 3 12 6,3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya 8
5 Mei 4 16 dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
6 Juni 2 11 6,4 Mendeskripsi-kan alat-alat optik dan penerapannya 4
dalam kehidupan sehari-hari
J u m l a h 19 96
Ulangan harian 4X 8
HARI-HARI TIDAK EFEKTIF/LIBUR Ulangan mid dan semester 4
Bulan Tanggal Hari Keterangan
Juli
Agust. 17 Hut Kemerdekaan RI
21 Isra Mi'raj
Sept. 18 s.d. 21 PORSENI SEKOLAH
28 s.d. 30 Libur Awal Ramadhan 1427 H
Oktob. 17 s.d. 23 Prakiraan Libur Menjelang Idul Fitri
24 s.d. 25 Prakiraan Libur Idul Fitri
26 s.d. 31 Prakiraan Libur Sesudah Idul Fitri
Des, 25 Libur Hari Natal
26 s.d. 30 Libur Akhir Semester
31 Hari Raya Idul Adha
Jan 1 Libur Tahun Baru Masehi
2 s.d. 6 Libur Akhir Semester
8 Hari Pertama Semester Genap
20 Libur Tahun Baru Hijriah
Libur Nyepi
Libur Imlek
Pebru. 1 Tahun Baru Hijriah
Maret 31 Maulud Nabi Muhammad SAW,
Waisak
April 13 Wafatnya Isa Almasih,
Mei 7 s.d.9 Pelaksanaan Ujian Sekolah Utama
14 s.d.16 Ujian Sekolah Susulan
21 s.d. 23 Pelaksanaan Ujian Nasional Utama
24 Kenaikan Isa Almasih
Juni
J U M L A H 68

Memeriksa/Menyetujui, Jakarta,
Kepala SMPN 247 Jakarta Guru Mata Pelajaran



Drs. H. Moch Sumarwan Rumiyati S.Pd
NIP. 130 678 715









RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF
SMP NEGERI 247 JAKARTA
TAHUN 2006-2007
Mata Pelajaran : IPA
Tingkat : SMP
Kelas/Semester : VII/2

A. Perhitungan Alokasi Waktu B. Distribusi Alokasi Waktu
BANYAKNYA MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 No. Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar/Indikator Alokasi
No. Bulan Jumlah SK/KD Waktu
Minggu Hari 5,1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana 4
1 Juli 2 11 dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala
2 Agustus 4 21 alam biotik dan abiotik
3 September 3 15 5,2 Menganalisis data percobaan gerak lurus dan 6
4 Oktober 3 6 gerak lurus berubah beraturan serta penerapanya
5 Nopember 4 21 dalam kehidupan sehari-hari
6 Desember 2 11 5,3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung 6
7 lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
J u m l a h 18 85 5,4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan 2
pengamatan gejala-gejala alam
BANYAKNYA MINGGU EFEKTIF SEMESTER 2 6,1 Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup 4
No. Bulan Jumlah gas serta peneraanya dlam kehidupan sehari-sehari
Minggu Hari 6,2 Mengidentifikasikan mahluk hidup berdasarkan 8
1 Januari 2 18 ciri-ciri yang dimiliki
2 Pebruari 4 20 6,3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem 12
3 Maret 4 19 organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai
4 April 3 12 organisme.
5 Mei 4 16
6 Juni 2 11 7,1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara 4
komponen ekosistem
J u m l a h 19 96 7,2 Mengidentifikasikan pentingnya keanekaragaman 4
mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
HARI-HARI TIDAK EFEKTIF/LIBUR 7,3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi 6
Bulan Tanggal Hari Keterangan manusia terhadap lingkungan
Juli 7,4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan 4
Agust. 17 Hut Kemerdekaan RI lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan
21 Isra Mi'raj kerusakan lingkungan
Sept. 18 s.d. 21 PORSENI SEKOLAH
28 s.d. 30 Libur Awal Ramadhan 1427 H Ulangan harian 4X 8
Oktob. 17 s.d. 23 Prakiraan Libur Menjelang Idul Fitri Ulangan mid dan semester 4
24 s.d. 25 Prakiraan Libur Idul Fitri
26 s.d. 31 Prakiraan Libur Sesudah Idul Fitri
Des, 25 Libur Hari Natal
26 s.d. 30 Libur Akhir Semester
31 Hari Raya Idul Adha
Jan 1 Libur Tahun Baru Masehi
2 s.d. 6 Libur Akhir Semester
8 Hari Pertama Semester Genap
20 Libur Tahun Baru Hijriah
Libur Nyepi
Libur Imlek
Pebru. 1 Tahun Baru Hijriah
Maret 31 Maulud Nabi Muhammad SAW,
Waisak
April 13 Wafatnya Isa Almasih,
Mei 7 s.d.9 Pelaksanaan Ujian Sekolah Utama
14 s.d.16 Ujian Sekolah Susulan
21 s.d. 23 Pelaksanaan Ujian Nasional Utama
24 Kenaikan Isa Almasih
Juni
J U M L A H 72

Memeriksa/Menyetujui, Jakarta,
Kepala SMPN 247 Jakarta Guru Mata Pelajaran



Drs. H. Moch Sumarwan Rumiyati S.Pd
NIP. 130 678 715

RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF
SMP NEGERI 247 JAKARTA
TAHUN 2006-2007
Mata Pelajaran : IPA
Tingkat : SMP
Kelas/Semester : VIII/1

A. Perhitungan Alokasi Waktu B. Distribusi Alokasi Waktu
BANYAKNYA MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 No. Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar/Indikator Alokasi
No. Bulan Jumlah SK/KD Waktu
Minggu Hari 1,1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan 4
1 Juli 2 11 perkembangan pada mahluk hidup
2 Agustus 4 21 1,2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia 2
3 September 3 15
4 Oktober 3 6 2,1 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan 4
5 Nopember 4 21 hubungannya dengan kesehatan
6 Desember 2 11 2,2 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia 4
7 dan hubungannya dengan kesehatan
J u m l a h 18 85 2,3 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia 4
dan hubungannya dengan kesehatan
BANYAKNYA MINGGU EFEKTIF SEMESTER 2 2,4 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada 4
No. Bulan Jumlah manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Minggu Hari
1 Januari 2 18 3,1 Mendidentifikasi struktur dan fungsi jaringan 4
2 Pebruari 4 20 tumbuhan
3 Maret 4 19 3,2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan 4
4 April 3 12 transformasi energi pada tumbuhan hijau
5 Mei 4 16 3,3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada 3
6 Juni 2 11 tumbuhan
3,4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ 2
J u m l a h 19 96 tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari
HARI-HARI TIDAK EFEKTIF/LIBUR
Bulan Tanggal Hari Keterangan 4,1 Menjelaskan konsep atom, ion dan molekul 2
Juli 4,2 Menghubungkan konsep atom, ion dan molekul 2
Agust. 17 Hut Kemerdekaan RI dengan produk kimia sehari-hari
21 Isra Mi'raj 4,3 Membandingkan molekul unsur dan 2
Sept. 18 s.d. 21 PORSENI SEKOLAH molekul senyawa
28 s.d. 30 Libur Awal Ramadhan 1427 H
Oktob. 17 s.d. 23 Prakiraan Libur Menjelang Idul Fitri 5,1 Mencari informasi tentang kegunaan dan efek 2
24 s.d. 25 Prakiraan Libur Idul Fitri samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
26 s.d. 31 Prakiraan Libur Sesudah Idul Fitri 5,2 Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan 2
Des, 25 Libur Hari Natal dan efek samping bahan kimia
26 s.d. 30 Libur Akhir Semester 5,3 Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan 4
31 Hari Raya Idul Adha kimia buatan
Jan 1 Libur Tahun Baru Masehi 5,4 Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif dan 3
2 s.d. 6 Libur Akhir Semester psikotropika
8 Hari Pertama Semester Genap 5,5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif 2
20 Libur Tahun Baru Hijriah dan psikotropika
Libur Nyepi
Libur Imlek
Pebru. 1 Tahun Baru Hijriah Ulangan harian 4X 8
Maret 31 Maulud Nabi Muhammad SAW, Ulangan mid dan semester 4
Waisak
April 13 Wafatnya Isa Almasih,
Mei 7 s.d.9 Pelaksanaan Ujian Sekolah Utama
14 s.d.16 Ujian Sekolah Susulan
21 s.d. 23 Pelaksanaan Ujian Nasional Utama
24 Kenaikan Isa Almasih
Juni
J U M L A H 62

Memeriksa/Menyetujui, Jakarta,
Kepala SMPN 247 Jakarta Guru Mata Pelajaran



Drs. H. Moch Sumarwan Rumiyati S.Pd
NIP. 130 678 715

RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF
SMP NEGERI 247 JAKARTA
TAHUN 2006-2007
Mata Pelajaran : IPA
Tingkat : SMP
Kelas/Semester : VII/1

A. Perhitungan Alokasi Waktu B. Distribusi Alokasi Waktu
BANYAKNYA MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 No. Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar/Indikator Alokasi
No. Bulan Jumlah SK/KD Waktu
Minggu Hari 1,1 Mendeskripsikan besaran-besaran pokok dan 4
1 Juli 2 11 besaran turunan beserta satuannya
2 Agustus 4 21 1,2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya 2
3 September 3 15 1,3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
4 Oktober 3 6 menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering 4
5 Nopember 4 21 digunakan dalam kehidupan sehari-hari
6 Desember 2 11
7 2,1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa
J u m l a h 18 85 dan larutan garam melalui alat indikator yang tepat 4
2,2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-
BANYAKNYA MINGGU EFEKTIF SEMESTER 2 bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. 2
No. Bulan Jumlah gas serta peneraanya dlam kehidupan sehari-sehari
Minggu Hari 2,3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia 3
1 Januari 2 18 sederhana.
2 Pebruari 4 20 2,4 Membandingkan sifat unsur, senyawa dan 3
3 Maret 4 19 campuran
4 April 3 12 organisme.
5 Mei 4 16
6 Juni 2 11 3,1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan 4
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
J u m l a h 19 96 3,2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam 2
kehidupan sehari-hari
HARI-HARI TIDAK EFEKTIF/LIBUR 3,3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan 4
Bulan Tanggal Hari Keterangan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
Juli 3,4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah 6
Agust. 17 Hut Kemerdekaan RI wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapan
21 Isra Mi'raj nya dalam kehidupan sehari-hari
Sept. 18 s.d. 21 PORSENI SEKOLAH
28 s.d. 30 Libur Awal Ramadhan 1427 H 4,1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat 2
Oktob. 17 s.d. 23 Prakiraan Libur Menjelang Idul Fitri 4,2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai 2
24 s.d. 25 Prakiraan Libur Idul Fitri cara berdasarkan sifat fisika dan kimia
26 s.d. 31 Prakiraan Libur Sesudah Idul Fitri 4,3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia 2
Des, 25 Libur Hari Natal berdasarkan hasil percobaan sederhana
26 s.d. 30 Libur Akhir Semester 4,4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui 2
31 Hari Raya Idul Adha percobaan sederhana
Jan 1 Libur Tahun Baru Masehi
2 s.d. 6 Libur Akhir Semester
8 Hari Pertama Semester Genap Ulangan harian 4X 8
20 Libur Tahun Baru Hijriah Ulangan mid dan semester 4
Libur Nyepi
Libur Imlek
Pebru. 1 Tahun Baru Hijriah
Maret 31 Maulud Nabi Muhammad SAW,
Waisak
April 13 Wafatnya Isa Almasih,
Mei 7 s.d.9 Pelaksanaan Ujian Sekolah Utama
14 s.d.16 Ujian Sekolah Susulan
21 s.d. 23 Pelaksanaan Ujian Nasional Utama
24 Kenaikan Isa Almasih
Juni
J U M L A H 66

Memeriksa/Menyetujui, Jakarta,
Kepala SMPN 247 Jakarta Guru Mata Pelajaran



Drs. H. Moch Sumarwan Rumiyati S.Pd
NIP. 130 678 715
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas Semester : VIII ( delapan ) / 1 ( Satu )
Pertemuan : 1,2,3
Alokasi Waktu : 6 x 40

Standar Kopentensi :
Memahami pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup.

Kopetensi Dasar :
1. Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada mahluk hidup
2. Mendiskripsikan tahapan perkembangan manusia

A.Indikator
Pertemuan Pertama
1. Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada mahluk hidup .
2. Menyebutkan contoh pertumbuhan dan perkembangan pada mahluk hidup.
3. Membandingkan metamorfosis dan metagenesis

Pertemuan Kedua
1. Menyebutkan factor factor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
2. menyebutkan factor factor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada hewan .

Pertemuan ke tiga
1. Mendiskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari embrio ,bayi,anak anak,remaja, dewasa ,dan masa tua melalui gambar.
2. membedakan cirri anak anak dan remaja.

I. Tujuan Pembelajaran .
a. siswa dapat menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan
pada mahluk hidup
b. siswa dapat menyebutkan conmtoh pertumbuhan dan perkembangan padamahluk hidup.
c. siswa dapat membandingkan metamorfosis dan metagenesis .
d. siswa dapat menyebutkan factor factor yang mempengaruhi pertumbuhandan perkembangan pada tumbuhan dan hewan .
e. siswa dapat menyebutkan tahapan perkembangan manusia mulai dari embrio,bayi,anak anak,remaja,dewasa,dan masa tua melalui gambar.
f. Siswa dapat membedakan cirri anak anak dan remaja

II. Materi Pelajaran
• Pertumbuhan dan perkembangan .

III. Metode Pembelajaran
a. model pembelajaran :pembelajaran langsung koperatif
b. metode pembelajaran Diskusi impormasi.tanya jawab ,penugasan

IV. Langkah Langkah Pembelajaran .
Pertemuan Ke I
A.Kegiatan Awak.
*Motivasi : Pernahkah kamu melihat anak katak?
Sebelum jadi anak katak ,bagai mana bentuknya
*Prasarat : Ciri cirri mahluk hidup.
B.Kegiatan Inti :
1. Guru mengelompokkan siswa secara hitrogen
2. Siswa mendidskusikan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada katak,belalang tumbuhan lumut dan tumbuhan paku .
3. siswa dapat mendiskusikan pembelahan secara miosis dan pembelah secara mitosis.
4. siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5. Guru mendiskusikan siklus hidup katak ,belalang ,tumbuhan lumut dan tumbuhan paku serta pembelahan secara miosis dan pembelahan secara miosis.

C.Kegiatan Akhir.
1. Guru membimbing siswa merangkum hasil kegiatan
2. Uji kompetensi lisan.

Pertemuan ke 2
A.Kegiatan Awal
*Motivasi : Bagaimana bentuk dan warna tanaman yang kita tanam
ditempat yang gelap?
*Prasarat : Pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup.

B.Kegiatan Inti.
1. Guru mengelompokanm siswa secara hitrogen .
2. Siswa mendiskusikan factor factor yang mempengaruhipertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dan pada hewan.
3. Siswa mempresentasikan hasil diskusi .
4. Guru menjelaskan factor factor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dan pada hewan.

C.Kegiatan Akhir.
1. Guru membimbing siswa merangkum hasil kegiatan .
2. memberi tugas PR

Pertemuan ke 3
A.Kegiatan Awal.
*Motivasi : Apakah terjadi pertumbuhan pada anak usia 12 tahun.
*Prasarat : Ciri cirri mahluk hidup.

B.Kegiatan Inti :
1. siswa mengelompokkan siswa secara hitrogen.
2. siswa mendiskusikan tahapan perkembangan manusia mulai embrio ,bayi,anak anak remaja ,dewasa ,masa tua ,melalui gambar.
3. siswa mendiskusikan cirri anak anak dan remaja.
4. siswa mewmpresentasikan hasil diskusi
5. guru menjelaskan tahapan perkembangan manusia mulai embrio,bayi,anak anak remaja dan dewasa masa tua melalui gambar.

C.Kegioatan akhir.
1. Guru membimbing siswa merangkum hasil kegiatan
2. uji kopetensi lisan.

V. Alat,Bahan dan sumber belajar
*Alat dan bahan : Carta
Lingkungan
*Sumber Belajar : Buku Paket Biologi
Buku referensi yang relepan.
VI Penilaian .
A. Teknik Penilaian : Observasi, tugas , tertulis .
B. Bentun Instrumen : Tertulis dengan bentuk uraian singkat
C. Instrumen Penilaian :
1. Aspek psikomotor
1. Jelaskan siklus pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan paku dan tumbuhan lumut.
2. jelaskan pungsi hormin dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan .
3. Jelaskan dengan singkat tahapan perkembangan .manusia dari mulai embrio sampai masa tua.

Aspek efektif
1. sebutkan perbedaan pembelahan se3cara mitosis dan miosis.
2. sebutkan perbedaan factor pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dab hewan .
3. usia berapakah yang dimaksud dengan masa pubertas ?

Aspek kognetif
1. apa yang dimaksud dengan etiolesai
2. sebutkan tiga factor yang mempengarujhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan .
3. sebutkan 3 ciri yang membedakan anak anak dan remaja.


Jakarta 2006
Guru Bidang studi.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH : SMP N 247 JAKARTA
KELAS/SEMESTER : VIII/1
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM

Standar Kompetensi
2. Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar
2.1. Mendeskripsikan system gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Indikator
1. Membandingkan macam organ penyususn system gerak pada manusia.
2. membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh.
3. Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya.
4. Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, dan upaya mengatasinya.

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menentukan macam-macam organ penyususun system gerak pada manusia
2. Membedakan antara tulang rawan dan tulang keras.
3. Menjelaskan fungsi rangka.
4. Menjelaskan fungsi otot.
5. Menjelaskan fungsi sendi.
6. Membedakan 3 macam bentuk tulang serta memberi contohnya masing-masing.
7. Membedakan antara sendi mati, sendi kaku dan sendi gerak.
8. Menyebutkan minimal 4 macam sendi gerak serta memberi contohnya.
9. Menjelaskan contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot.
10. Membedakan 3 macam otot.
11. Menjelaskan cara kerja otot.

B. Materi Pembelajaran : Sistem Gerak Pada Manusia

C. Metode Pembelajaran:
1. Model : - Direct instruction (DI)
- Kooperatif learning

2. Metode : - Diskusi kelompok
- observasi/pengamatan
- eksperimen.

D. Langkah-langkah Kegiatan

1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan pendahuluan
• Motovasi dan apresepsi
Bagaimana sampai terjadi suatu gerakan?

• Prasyarat pengetahuan
Pengertian organ dan system organ





• Pra eksperimen
Menyiapkan Model rangka manusia


b. Kegiatan inti
• Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
• Guru dan peserta didik mendiskusikan tentang fungsi rangka. Siswa menunjukkan macam-macam tulang penyusun rangka manusia dengan menggunakan model rangka.
• Guru dan peserta didik mendiskusikan tentang perbedaan antara tulang rawan dan tulang keras.
• Guru dan siswa mendiskusikan tentang macam-macam bentuk tulang dan contohnya.
• Guru dan siswa mendiskusikan tentang macam-macam sendi dan contohnya.


c. Kegiatan Penutup
• Guru dan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan.
• Guru memberikan tes secara lisan tentang fungsi rangka, beda tulang rawan dan tulang keras, macam-macam bentuk tulang, macam-macam sendi serta contohnya.

2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
o Motivasi dan apresepsi
Mungkinkah kita bekerja terus menerus tanpa istirahat? Mengapa?

o Prasyarat Eksperimen
 Menyiapkan alat, antara lain: statip dan tali rapia untuk melihat cara kerja otot.
 Menyiapka charta macam-macam otot.

b. Kegiatan inti
• Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
• Guru dan peserta didik mendiskusikan macam-macam otot dan cara kerjanya
• Beberapa siswa ditunjuk untuk mendemonstrasikan cara kerja otot dengan menggunakan alat yang tersedia.
• Guru dan peserta didik mendiskusikan kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, dan upaya mengatasinya.

c. Kegiatan Penutup
• Guru dan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan.
• Guru memberikan tes secara lisan tentang macam-macam otot, cara kerja otot, kelainan dan penyakit yang biasa terjadi pada tulang dan otot.
• Penugasan kelompok membuat kliping tentang kelainan dan penyakit yang biasa terjadi pada tulang dan otot

E. Sumber Belajar
a. Buku Paket IPA
b. Video /model rangka
c. Charta Otot
d. Model cara kerja otot
e. LKS






F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian
- Tes tertulis
- Teknik unjuk kerja
- Penugasan

b. Bentuk instrument
- Tes isian dan PG
- Tes identifikasi
- Tugas rumah.


c. Contoh instrument
1. Tes isian
Zat yang membedakan antara tulang rawan dan tulang keras adalah………

2. Tes PG
Organ yang berfungsi sebagai alat gerak pasif adalah:
a. otot
b. tulang
c. sendi
d. urat

3. Tes identifikasi
Berdasarkan 4 gambar persendian berikut,
Sebutkan 3 gambar yang termasuk sendi
Gerak.

5. Penugasan
Buatlah kliping tentang kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.



Mengetahui Jakarta, Agustus 2006
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran




……………………….. ………………………
NIP. NIP.


RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas Semester : VIII ( delapan ) / 1 ( Satu )

Standar Kopetensi : 4. Menjelaskan konsep Partikel
( Materi )
Kopetensi Dasar : 4.3. Membandingkan Molekul Un
Sur dan molekul senyawa
Indikator : 1. Menjelaskan dengan symbol per
Perbedaan Antara melekul uns
Ur dan molekul senyawa
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( I Pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat membedakan symbol ! melekul unsure dengan symbol molekul senyawa .
B. Materi Ajar :
Perbandingan molekul Unsur dan molekul senyawa.
C. Metode pembelajaran :
Kombinasi ceramah ,tanjhya bawab , diskusi,dan pemberian tugas
D. Langkah Langkah Kegiatan :

a. Pendahuluan :
Apersepsi : Mengingat kembali tentang unsure ,molekul dan se
Nyawa .
Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik ,maka akan
Membantu siswa menuliskan jenis ( symbol ) mol
Kul unsure dan molekul senyawa .

b. Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog ,Tanya jawab siswa diarahkan kepengertian unsure,molekul dan senyawa.
2. Siswa diberi pertanyaan lisan untuk menyebutkan mana yang merupakan unsure , molekul dan senyawa.
3. Dari pengertian molekul ,siswa dapat membedakan pengertian molekul unsure dan molekul senyawa.
4. siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan atau menuliskan symbol molekul unsure dan molekul senyawa..


E. Penutup.
• Dengan bimbingan guru , siswa diminta untuk menuliskan pengertian molekul unsure dan molekul senyawa..
• Guru memberikan tugas PR.


Indikator :
2. Menunjukan beberapa contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari hari..


Alokasi Waktu :
2 x 40 menit ( Pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menunjukan contoh contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari hari

B. Meteri Ajar : Idem

C. Motede Pembelajaran :
Studi Pustaka, Pemberian Tugas kelompok

D. Langkah Langkah Kegiatan .

1. Pendahuluan
Apresepsi : Mengenal beberapa contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari hari
Motivasi : Membuat daftar contoh molekul sederhana
b. Kegiatan Inti :
• Guru mengimpormasikan kompetensi yang akan dicapai
Sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalu
Tanya jawab tentang molekul molekul sederhana.
• Guru mengorganisasikan peserta didik kedalam kelompok kelompok koperatif.
• Guru memberi tugas pada setiap kelompok untuk studi pustaka membuat daftar contoh molekul molekul sederhana .
c. Penutup
1. Guru memberikan pengembangan konsep
2. Guru memberikan test tertulis
3. Guru memberikan tugas kelompok untuk studi pustaka dan memberikan penilaian pada pertemuan selanjutnya .
E. Alat dan Bahan
Buku teks , gambar / symbol molekul.

F. Penilaian .

Teknik : Test tertulis dan penugasan
Bentuk Instrumen : Uraian tugas rumah
Contoh Instrumen :
Test tertulis Uraian : Kemukakan dengan menggunakan symbo
Perbedaan antara molekul unsure dengan
Molekul senyawa.

Penugasan ,Tugas rumah :
Buatlah daftar contoh molekul sederh
Hana yang dijumpai dalam kehidupan
Sehari hari.


Jakarta ……………..2006
Guru Bidang Study IPA


Standar Kopetensi :
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kopetensi Dasar :
4.4. Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan ki
Mia dalam kehidupan sehari hari.
Indikator :
1. Menyebutkan bahan bahan kimia yang dapat dimanfaatka
Dalam kehidupan sehari hari
2. Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dal
Am produk kebutuhan rumah tangga .
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( dua pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran.
1. Melalui tugas kelompok ,mendata bahan kimia alami pada kemasan produk kebutuhan rumah tangga dan mengklasifikasikannya sesuai dengan kegunaannnya .
2. Melalui tugas kelompok ,studi pustaka untuk mendapatkan informasikan tentang bahanh bahan kimia yang berguna dalam produk kebutuhan rumah tangga .
3. Melalui kerja praktek /percobaan kelompok siswa dapat membuktikan kegunaan salah satu produk pembersih atau pemutih .
4. Melalui referensi /nara sumber siswa mampu mendafatkan informasi tentang efek samping bahan kimia yang terdapat pada produk kebutuhan rumah tangga .
B. Materi Pembelajaran :
Kimia Rumah tangga .

C. Metode Pembelajaran .
Kombinasi, ceramah ,Tanya jawab ,diskusi dan pemberian tug
Gas.
D. Langkah Langkah Kegiatan ( Pertemuan Pertama )

a. Pendahuluan :
Apresepsi :
Menanyakan bahan bahan kimia yang bermanfaat dalam kehidupan sehari hari.
Motivasi :
Bahan bahan kimia alami apa sajakah yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari .
b. Kegiatan Inti :
1. Guru mengimpormasikan kopetensi yang akan dicapai sambilmenggali pengetahuan awal tentang bahan bahan kimia yang telah dikenal .
2. Guru membagi tugas kelompok untuk mengumpulkan beberapa kemasan produk kebutuhan rumah tangga .
3. Secara berkelompok melakukan percobaan membuktikan kegunaan salah satu produk pembersih atau pemutih.
4. Guru berkeliling untuk membimbing setiap kelompok sambil melakukan penilaian kinerja tiap kelompok.
c. Penutup.
1. Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menarik kesimpulan .
2. Guru memberikan pengembangan konsep.
3. Guru memberikan test trulis uraian untuk mendapatkan penilaian penguasaan konsep.
4. Guru memberi tugas untuk pertemuan berikutnya yaitu mencari impormasi melalui referensi /nara sumber tentang efek samping bahan kimia .

PERTEMUAN KE DUA

a. Pendahuluan
Apersepsi :
Menanyakan kembali tentang produk produk rumah tangga yang menggunakan bahan kimia.
Motivasi :
Epeksamping apa saja dari bahan bahan kimia rumah tangga

b. Kegiatan Inti :
1. Guru mengimpormasikan kopetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal tentang produk produk rumah tangga dalam kehidupan sehari hari .
2. siswa secara berkelompok mengkomunikasikan hasil kerja kelompok dalam mencari impormasi yang telah didapatkan dari reperensi /nara sumber .
3. Setiap kelompok diberi kesempatan mempresentasikan hasil kerja kelompoknya .
4. Guru mengumpulkan kemasan produk yang dibawa oleh tiap kelompok.


c. Penutup.
1. Guru mengelompokan kemasan produk sesuai dengan klasifikan dan kegunaannya
2. Guru bersama siswa mendiskusikan efek samping dari kemasan produk yang ada .
3. Guru membimbing siswa merangkum hasil pembelajaran
4. Guru melakukan test tulis untuk mendapatkan penilaian hasil belajar

E. Alat Dan sumber Belajar.
Buku test ,referensi ,kemasan produk ,laboratorium

F. Penilaian.
Teknik : Test Tulis
Bentuk Instrumen : Test uraian ,test isian

Contoh Instrumen :
Sebutkan bahan kimia yang sering digunakan dalam pembuatan makanan dan minuman.
Test Tulis Isisan :
Efek samping bahan pemutih pakaian menyebabkan ………….


Jakarta ……………..2006
Guru Bidang Study IPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VIII/ 1 ( satu )
Mata Pelajaran : IPA
Standar Kopetensi : 4. Menjelaskan Konsep Partikel Materi
Kompetensi Dasar : 4.1. Menjelaskan Konsep Atom,Ion,dan molekul
Indikator : 1. Mendefinisikan Pengertian partikel materi ( atom
Ion dan molekul )
2. Memberikan Contoh Materitertentu yang terdiri atas ion ion .
Alokasi Waktu : 4 x 40 ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta Didik dapat :
1.Menjelaskan pengertian partikel materi (atom,ion,dan molekul )
2.Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion ion
B. Materi Pembelajaran
• Atom Ion dan molekul
C. Metode Pembelajaran
1.Model : Direct Intyruction ( DI ),Koorperatif Learning ( Cl )
2.Metode : Diskusi Kelompok -Ekperimen
D. Langkah Langkah Kegiatan

1.Pertemuan Pertama
a.Kegiatan Pendahuluan
• Motivasi dan Apresiasi
Apakah benar atom itu berbentuk bulat
• Prasarat Pengetahuan
Pengertian Unsur ,Senyawa,dan campuran dikelas VII
• Para Eksperimen
Percobaan menggerahkan tusuk gigi dengan electrón dari rambut
b.Kegiatan Inti
1. Guru meminta peserta didik mempelajari metode atom ,ion , molekul
2. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan klelompok
3. guru membagikan lembaran kerja kepada setiap peserta didik
4. Dengan mengacu kepada model pembelajaran koperatif meminta masing masing kelompok untuk melakukan kegiatan dari LKS
5. Meminta salah satu kelompok mempersentasikan pekerjaaannya untuk ditanggapi kelompok lain ,guru memastikan bahwa seluruh kelompok telah mengetahui jawaban yang benar .
6. Memberi penghargaan misalnya pujian kepada peserta didik atau kelompok yang kinerjanya bagus .
7. Memodelkan bentuk atom .
2.Pertemuan Kedua
a.Kegiatan Pendahuluian
• Motivasi dan Aporesiasi
Ion Ion apa yang terdapat pada air ?
• Prasarat Pengetahuan
Apa perbedaan Ion atom dan molekul
• Pra Ekperimen
Apa kemampuan sabun terhadap gaya tarik atar molekul air
b.Kegiatan Inti
1. Guru membimbing peserta didik dal;am pembentukan kelompok
2. Guru membagikan LKS kepada setiap peserta didik
3. Dengan mengacu pada model pembelajaran koperatif meminta masing masing kelompok untuk melakukan kegiatan dari LKS
4. Meminta salah satu kelompok mempresentasikan pekerjaan untuk ditanggapi kelompok lain .Guru memastikan bahwa seluruh kelompok telah mengetahui jawaban yang benar
5. Memberi penmghargaan misalnya pujian kepada peserta didik atau kelompok yang kinerjanya bagus .


C. Kegiatan Penutup.
1. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan dari diskusi
2. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.
3. Guru memberikan tugas berupa pertanyaan .


E. Sumber Belajar
1. Buku Panduan Siswa
2. LKS
3. Buku Referensi
4. Alat alat vPratikul


F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
Test Tertulis
2. Bentuk Instrumen
Test Uraian Singkat
3. Instrumen
• Jelaskan pengertian ,iondan molekul
• Sebutkan ion ion yang terdapat pada air
Kunci :
1
• Atom adalah partikel penyusun unsur
• Ion adalah partikel partikel; otom
• Molekul adalah gabungan beberapa atom dari beberapa unsur yang membentuk senyawa.
2.
• Ion ion yang terdapat pada air :
H2O = 2H + O

Penilaian


Jumlah Nilai = Skor yang diperoleh x 100%

Jlh Skor max

Jakarta………………
Guru Matapelajaran IPA
Mengetahui
Kepala SMP






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VIII/ 1 ( satu )
Mata Pelajaran : IPA
Standar Kopetensi : 4. Menjelaskan Konsep Partikel Materi
Kompetensi Dasar : 4.2. Menghubungkan konsep atom ,ion dan molekul
Dengan produk kimia sehari hari
Indikator : 1. Menjelaskan hubungan atom ,iondan molekul
2. mendiskripsoikan komponen penyusun salah satu produk kimia
Alokasi Waktu : 4 x 40 ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. Menjelaskan hubungan atom ,ion dan molekul
2. menyebutkan komponen penyusun salah satu produk kimia.


B. Materi Pembelajaran
• Hubungan atom ,iondan molekul dengan produk kimia


C. Metode Pembelajaran
1. Model :
• Direct Intruction (DI)
• Kooperatif learning (CL)
2. Metode :
• Diskusi kelompok


D. Langkah Langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan .
• Motivasi dan apresepsi
- Bagaimana hubungan ion atom dan molekul ?
• Prasarat pengetahuan
- Pengertian atom,ion dan molekul
• Pra eksperimen
-Tidak ada

b.Kegiatan Inti
1. Guru meminta peserta didik untuk mempelajari hubungan atom,ion dan molekul dengan produk kimia .
2. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok .
3. Meminta salah satu kelompok mempresentasikan pekerjaan studi pustakany a untuk ditanggapi kelompok lain .
4. Memberikan penghargaan misalnya pujian kepada peserta didik atau kelompok yang kinerjanya bagus
5. memodelkan hubungan atom ,ion dan molekul


c.Kegiatan Penutup.
1. Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan hasil diskusi
2. Guru memberikan test untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari
3. Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan


2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
* Motivasi dan apresepsi
- Komponen apa saja yang dikandung diterjen , sabun ?
* Prasarat Pengetahuan
- Hubungan atom ion dan molekul dengan produk kimia
* Pra eksperimen
- Tidak ada
b. Kegiatan Inti
1. Guru meminta peserta didik untuk melakukan pengamatan pada produk kimia
2. Guru membimbing peserta didik dalam pembentuikan kelompok
3. Meminta salah satu kelompok mempersentasikan pekerjaan ( Pengamatan untuk ditanggapi kelompok lain .
4. Memberikan penghargaan misalnya pujian kepada pesereta didik atau kelompok yang dikerjakannya bagus .
c. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil diskusi .
2. Guru memberikan test untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari
3. Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan .
E. Sumber Belajar
1. Buku Panduan Siswa
2. Buku referensi
3. Bahan kimia /produk kimia sehari hari.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
- Test tertulis
2. Bentuk Istrumen
- Test Uraian singkat
3. Istrumen.
1. Deskripsikan hubungan atom,ion dan melekul !
2. Sebutkan komponen yang menyusun ditergen !
Kunci` :
1. Atom merupakan penyusun unsur ,ion merupakan partikel atom,dan molekul meruipakan gabungan beberapa atom Scor (2)
2. Komponen Penyusun Ditergen
- ABS (akil benzena, sulfat )
- Natrium hidroksida
- STPP ( super tripoli phosphat )
Penilaian


Jumlah Nilai = Skor yang diperoleh x 100%

Jlh Skor max



Jakarta………………
Guru Matapelajaran IPA
Mengetahui
Kepala SMP






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pejalaran : IPA – FISIKA
Jenjang : SMP
Kelas / Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran

I. Standar Kompetensi
A. 1. Mengenali perkembangan dan hakikat IPA/Fisika serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang fisika
B. 12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.

II. Kompetensi Dasar
A. 11. Mengenali perkembangan Sains (fisika)
B. 12.3. Mendiskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya

III. Indikator
A. - Menyelidiki antara sains, teknologi dan kehidupan masyarakat
- Membedakan metode ilmiah dan cara coba-coba
- Menyimpulkan konsep berdasarkan faktor-faktor dan mengkomunikasikannya
B. – Mengemukakan alasan mengapa indra peraba tidak dapat digunakan sebagai alat pengukur suhu
- Menggunakan termometer untuk mengukur suhu
- Membuat termometer sederhana berskala berdasarkan sifat perubahan volum suatu zat cair ketika menerima kalor
- Membandingkan skala termometer celcius dengan skala termometer lainnya.

IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan percobaan siswa dapat :
1. Menjelaskan bahwa indra peraba tidak dapat mengukur suhu benda
2. Menjelaskan bahwa untuk menentukan nilai suhu benda harus menggunakan alat pengukur suhu
3. Mendiskripsikan pengertian suhu benda
4. Mendiskripsikan kegunaan termometer
5. Menentukan suhu benda dengan tepat.

V. Materi Pokok
Suhu
VI. Metode Pembelajaran
- CTL
- Eksperimen
- Diskusi Informasi
VII. Strategi Pembelajaran
a. Pendahuluan
Motivasi
Apersepsi
b. Kegiatan Inti
- Menyediakan bahan/media yang akan diukur suhunya.
Contoh : tiga gelas air yang berbeda suhunya.
- Membimbing siswa mengukur suhu air dengan indra peraba
- Membimbing siswa untuk mendiskripsikan pengertian suhu benda
- Membimbing siswa membaca skala termometer
- Membimbing siswa mengukur suhu benda dengan menggunakan termometer
c. Penutup
- Penilaian hasil kerja siswa
- Postest siswa
VIII. Sumber Belajar
- Lingkungan
- Alat-alat yang sesuai dengan percobaan
- Media lainnya
IX. Penilaian
Tagihan : Test dan Non tes
Bentuk : - Pilihan ganda
- Essay
- Tugas
- Porto folio


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pejalaran : IPA – FISIKA
Jenjang : SMP
Kelas / Semester : VII / ganjil
Alokasi Waktu : 1x pertemuan (2 Jam Pelajaran)

I. Standar Kompetensi
A. 1. Mengenali perkembangan dan hakikat IPA serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang IPA
B. 12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.
II. Standar Kompetensi
A. 1.2. Bersikap Ilmiah
B. 1.2.4 Menjelaskan prinsip pemuaian dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
III. Indikator
- Membedakan fakta dan opini
- Berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan beragumentasi
- Mengembangkan keingintahuan
- Menyelidiki proses pemuaian pada zat padat, cair, dan gas
- Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukan pemuaian zat-zat cair dan gas
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan percobaan tentang pemuaian, siswa dapat :
1. Merancang alat pemuaian gas
2. Menjelaskan konsep pemuaian gas
3. Menjelaskan perbedaan pemuaian pada zat padat, cair dan gas
4. Menunjukan pemanfaatan sifat pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
5. Memberikan contoh pemanfaatan sifat pemuaian yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan sehari-hari

V. Materi Pokok :
- Perkembangan dan penemuan konsep IPA
- Pemuaian
VI. Metode Pengajaran
- Direct Instruction (DI)
- Cooperatif Learning (CL)
VII. Strategi Pembelajaran
Pertemuan I :
1. Pendahuluan
- Motivasi : Pernahkah kalian memasak air ?
- Prasyarat : Apa yang terjadi bila ban sepeda dipanaskan terlalu lama ?
2. Kegiatan Inti
- Siswa merancang alat tentang pemuaian pada zat gas / udara
- Siswa mendemonstrasikan konsep pemuaian udara
- Siswa berdiskusi tentang hasil percobaan
- Siswa mempresentasikan hasil percobaan
3. Penutup
- Guru mengajukan pertanyaan sesuai hasil percobaan
- Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan hasil percobaan
VIII. Sumber Belajar
- Buku yang relevan untuk kelas VIII
- Rangkuman materi
- Buku evaluasi / LKS

IX. Penilaian
- Tagihan : Tes
- Teknik : Tes harian
- Bentuk Instrumen : Observasi
- Soal / instrumen :

Dari hasil percobaan bagaimanakah hasil air yang dipanaskan dalam gelas yang ketinggiannya berbeda-beda ?
No Aspek yang dinilai A. Skor Ket.
3 2 1
1. Keaktifan dalam kelompok
2. Kerjasama dalam kelompok
3. Hasil kesimpulan dari observasi
Jumlah

Keterangan :
3 : sangat setuju
2 : tepat
1 : agak tepat

Jumlah
Nilai : ____________ x 100
9


Jakarta, ………………………
Guru Mata Pelajaran

1 komentar:

  1. pertamax dan terakhir..hehehe
    visit my blog
    seiryoshiganori.blogspot.com

    seiryo shiganori

    BalasHapus